Forum Indonesia Muda

Forum Indonesia Muda (FIM) merupakan forum independen yang beranggotakan pemuda/pemudi dan mahasiswa dari seluruh Indonesia. FIM telah konsisten menyelenggarakan leadership dan life skill training sebanyak 19 angkatan sejak tahun 2003.

Jalur Masuk FIM 19

Saat ini 14 tahun sudah FIM berhasil mengadakan pelatihan yang terbentuk dalam 20 Angkatan. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, sistem seleksi saat ini didasarkan pada kebutuhan prioritas pengembangan FIM ke depan. Perlu menjadi perhatian bahwa FIM menghargai setiap latar belakang calon peserta.

Berikut ini jalur masuk pendaftaran dan persentase peserta yang terpilih disetiap jalur masuk FIM 19 :

  • FIM Next Gen : 72%
  • Campus Leader : 3%
  • Local Leader : 7%
  • Influencer : 2%
  • Young Expert : 7%
  • Young Professional : 3%
  • Public Servant : 3%
  • Military : 3%

Next Generation

FIM Next Gen merupakan calon peserta FIM yang akan menjadi kader inti dalam berbagai aktivitas FIM, baik ditingkat pusat maupun regional. Jalur ini dikhususkan bagi calon peserta yang berkomitmen menjadi FIM sebagai prioritas pertama dalam aktivitas organisasinya minimal selama satu tahun setelah pelatihan.

Untuk itu, jalur ini akan menjadi prioritas dalam proses rekrutmen dan seleksi tahun ini dengan tingkat kuota sebesar 72%.

Campus Leader

Campus Leader adalah calon peserta FIM yang merupakan pimpinan/aktivis atau calon pemimpin kampus yang memiliki misi untuk mendapat posisi strategis di organisasi kemahasiswaan. Peserta dari jalur ini diharapkan memperkuat jejaring stategis & kolaborasi pemimpin kampus untuk memberikan impact yang lebih nyata

FIM terbuka bagi setiap calon peserta dengan berbagai model organisasi asalkan sepakat untuk open mind dan menjaga koridor yang terstruktur dalam menghadapi perbedaan. Jalur ini akan menjadi prioritas dalam proses rekrutmen dan seleksi tahun ini dengan kuota sebesar 3%.

Local Leader

Local Leader adalah calon peserta FIM yang merupakan pegiat yang fokus membangun kapasitas atau pemberdayaan masyarakat lokal di lingkungan daerah tempat tinggalnya. Jalur ini diharapkan bisa memberikan exposure yang lebih baik bagi para pejuang kerja-kerja basis, sekaligus memperbesar skala dan impact pekerjaannya.

Aktivis yang dimaksud tidak terbatas pada kegiatan sosial saja, melainkan juga kegiatan ekonomi, politik, budaya, dan lainnya yang memiliki akar kuat di masyarakat. FIM memberikan peluang sebesar 7% buat kalian semuanya yang mau mendaftar diri melalui jalur Local Leader.

Influencer

FIM 19 membuka jalur masuk untuk para Influencer, yang diperuntukan untuk calon peserta FIM yang mewakili spirit dan karakter generasi millennial sebagai digital influencer, tech savvy dengan jangkauan network yang luas.

Peserta dari jalur ini memiliki misi untuk memperkuat digital movement dari berbagai kampanye program FIM. FIM percaya bahwa masa depan Indonesia dipengaruhi oleh banyaknya berbagai kampanye kebaikan berbasis online. Digital footprint FIM diharapkan bisa menjadi role model bagi gerakan anak muda lainnya.

Untuk jalur pendaftaran influencer, FIM memberikan peluang sebesar 2%.

Young Expert

YOUNG EXPERT merupakan calon peserta dari jalur ini menyasar pada anak muda yang bercita-cita untuk menjadi expert/specialist di bidang/keilmuan tertentu. Peserta dari jalur ini mendapat kesempatan peluang kuota sebesar 7%. Jalur ini diharapkan bisa mengakselerasi proses transfer knowledge dan network creation dalam mencetak expert Indonesia di masa depan.

Bagi calon peserta yang juga pebisnis, bisa mendaftar melalui jalur ini untuk saling memperkuat benefit yang didapatkan dari network FIM.

Young Professional

YOUNG PROFESSIONAL merupakan calon peserta yang berasal dari profesional muda yang telah bekerja selama 1-5 tahun setelah lulus kuliah. Peserta dari jalur ini diharapkan bisa mengamplifikasi FIM kepada jejaring profesional secara lebih luas, agar mampu meningkatkan social impact dari berbagai program FIM.

Bagi profesional muda yang berasal dari perusahaan yang masuk dalam 500 Fortune Indonesia akan menjadi prioritas. FIM memberikan kesempatan peluang untuk jalur pendaftaran Young Professional sebesar 3%.

Public Servant

Calon peserta merupakan anak muda yang mengambil pilihan karir sebagai aparatur sipil negara. Jalur ini diharapkan mampu mengkonsolidasikan berbagai ide dan inisiatif jejaring FIM mengenai reformasi birokrasi ataupun perbaikan layanan bagi masyarakat.

FIM percaya bahwa mendorong perubahan birokrasi / pemerintahan oleh anak-anak muda merupakan kontribusi yang menjadi prioritas aksi nyata saat ini. Ada 3% peluang untuk bergabung di FIM melalui jalur masuk Public Servant.

Military

Jalur ini khusus diadakan untuk para calon pemimpin Indonesia di masa depan yang berasal dari militer (AD, AL, AU, dan polisi). Calon peserta merupakan top performer dari berbagai jalur di akademi militer dan kepolisian. Peserta dari jalur ini mendapat peluang kuota sebesar 3%.

Sejarah Indonesia menunjukkan bahwa dibutuhkan kolaborasi antara sipil dan militer untuk mewujudkan pemerintahan yang stabil. Komunikasi antara sipil dan militer perlu didorong sedini mungkin, dan kuncinya berada di anak-anak muda.

Ayo tunggu apa lagi? Mari bergabung menjadi keluarga FIM.

Sign In

Belum Punya Akun ? Daftar Sekarang